DKI Pamerkan Implementasi Transaksi Non Tunai di HUT ke-60 LAN

DKI Pamerkan Implementasi Transaksi non Tunai di HUT LAN

(Foto : Budhi Firmansyah Surapati / Beritajakarta.id)

Penerapan implementasi transaksi non tunai dalam rangka akuntabilitas keuangan, diusung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam pameran peringatan ulang tahun ke-60 Lembaga Administrasi Negara (LAN) di lantai 2 Gedung Makarti Bhakti Nagari, Pejompongan, Jakarta Pusat, mulai 3 hingga 4 Agustus. 

Kepala Bidang Akutansi Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) DKI Jakarta, Syaifuloh Hidayat mengatakan, realisasi inovasi sistem keuangan dengan sistem non tunai berbasis online yang diterapkan pemprov ini berkaitan langsung dengan efesiensi belanja serta keterbukaan informasi publik.

"Pengelolaan keuangannya bisa dipantau secara online. Termasuk masyarakat bisa melihat langsung melalui Smartcity," katanya, Kamis (3/8).

Dalam pameran ini, booth pemprov juga memamerkan e-money (Jakcard) hasil kerjasama dengan Bank DKI. Kartu itu dapat dimanfaatkan untuk transaksi beberapa layanan publik seperti Transjakarta ataupun transaksi elektronik lain.

Kepala Lembaga Administrasi Negara, Adi Suryanto menilai, pengelolaan keuangan dengan sistem non tunai yang dilaksanakan Pemprov DKI merupakan inovasi yang bisa menjadi contoh bagi daerah lain. Menurutnya, realisasi sistem non tunai sangat berdampak terhadap efektifitas dan efisiensi pengelolaan keuangan.

"Saya kira e-money yang diberlakukan DKI dengan kartu jakcard-nya bisa dicontoh dan disebarkan di banyak tempat. Ini sangat efesien, berguna dan manfaatnya banyak," tandasnya.

Sumber : http://www.beritajakarta.id/re...